Sabtu, 15 Juni 2013

Artikel KANKER LIDAH

 

Gejala Dan Penyebab Kanker Lidah


Kanker lidah dapat secara luas diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu, kanker mulut, kanker rongga mulut dan kanker orofaringeal. Hal ini dapat mempengaruhi lidah seluruh atau hanya dasar lidah. Penyebab kanker lidah sangat banyak. Semua kanker lidah jatuh dalam kelompok besar kanker biasa disebut kanker kepala dan leher. Jika kanker lidah adalah di bagian dua pertiga depan lidah, jatuh dalam subkelompok kanker mulut. Dan, jika terutama di pangkal lidah, yang di tenggorokan, maka itu dianggap sebagai jenis kanker orofaringeal. The kanker mulut adalah kanker dalam setiap bagian dari ruang lisan, dan termasuk bibir, pipi, langit-langit, lantai mulut, atau bagian depan dua-pertiga, bagian yang bergerak bebas lidah. Kanker termasuk kanker oropharyngeal yang terjadi di amandel, tenggorokan atau pangkal lidah.

Lidah adalah organ otot khusus yang menyediakan beberapa fungsi. Ini membantu kita dalam mengunyah makanan, membantu kita dalam menelan makanan dikunyah, dan sangat penting untuk berbicara. Lidah juga membantu untuk memindahkan air liur di sekitar rongga mulut, dan menjaga gigi bersih. Bagian depan bebas bergerak lidah melekat ke lantai ruang lisan oleh struktur yang fleksibel disebut frenum. Dan pangkal lidah, yang di bagian atas tenggorokan, adalah tetap dengan tulang yang disebut tulang hyoid. Jika kanker lidah di dasar lidah bermetastasis, dapat meluas ke tulang hyoid sendiri, mempersulit pengobatan dan pemulihan.

Permukaan lidah tampak merah muda-coklat, ditutupi oleh lapisan sel mukosa, dan kasar dalam penampilan. Penampilan kasar berasal dari adanya struktur bergelombang kecil di seluruh permukaan lidah yang disebut papila. Selain itu, pasokan yang kaya saraf terhubung ke rasa hanya di bawah permukaan. rasa didistribusikan di seluruh permukaan lidah. Setiap bagian dari lidah memiliki rasa seperti garam, manis, pahit dan asam.Sebuah kondisi yang mendasari kanker di kepala atau leher dapat menyebabkan pertumbuhan kanker di lidah.

Merokok dan mengunyah tembakau dapat memicu berkembangnya pada sel skuamosa ditemukan pada permukaan lidah.Penyalahgunaan alkohol juga bertanggung jawab untuk memicu kanker lidah. Kemungkinan seseorang mulai terpengaruh jika ada anggota keluarganya telah memiliki kejadian kanker lidah yang cukup tinggi.

Tanda-tanda dan gejala bervariasi sesuai dengan posisi tumor dan tingkat keparahan penyakit. Hal ini sering keliru dengan pembentukan ulkus karena terlihat seperti benjolan kecil di sisi lidah. Jadi, bagaimana Anda membedakan antara ulkus dan pertumbuhan kanker? perlu diingat bahwa pertumbuhan kanker biasanya saat makan atau mengunyah makanan sangat sulit atau terasa sakit. Anda juga akan melihat bercak berwarna merah atau putih pada permukaan lidah, bisul berdarah, atau terjadi perubahan dalam suara yang disertai dengan sakit tenggorokan.

Pembengkakan dan nyeri sering diamati di pangkal lidah. Perdarahan, mati rasa, hilangnya rasa, sakit jika makan makanan yang pedas, benjolan terlihat atau tersembunyi di bagian belakang tenggorokan disertai dengan sakit telinga, penurunan berat badan mendadak, sakit tenggorokan adalah beberapa gejala umum yang terkait dengan kanker tenggorokan dan terkadang disertai bau mulut yang tak sedap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar