Selasa, 25 Juni 2013

cabai merah punya beberapa manfaat lho...

Beberapa manfaat cabai merah

Merah, berbentuk panjang dengan ujung runcing Salah satu jenis rempah ini memang lebih sering digunakan sebagai bumbu dapur. Rasanya yang pedas merupakan salah satu cirri dari cabe merah. Selain sebagai bumbu utama dari sambal, ternyata manfaat cabai merah mempunyai segudang khasiat untuk kesehatan kita. berikut beberapa manfaat sehat dari si rempah cabai merah ini:
  1. Cabai merah untuk melawan radang : Telah lama terbukti bahwa Cabe merah memang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. sebagai salah satu bahan dapur, cabai merah dapat membantu sebagai salah satu bahan yang dapat melawan radang. Salah satu zatyang disebut zat kapsaisin ternyata ditemukan di dalam cabai merah mampu menghambat neuropeptida yang dapat membantu untuk mengobati peradangan. Obat dalam bentuk salep atau krim yang mengandung kapsaisin ternyata mampu mengobati nyeri rematik atau nyeri sendi tubuh.
  2. Cabai merah dapat membantu melegakan pernapasan : ada kabar yang menyebutka bahwa jika seseorang yangsedang mengidap penyakit flu atau influenza lalu memakan makanan yang pedas akan membantu untuk memebrikan efek yang melegakan. Hal ini dikarenakan cabai merah dapat membantu mengurangi rasa sakit dan dapat membantu merangsang sekresi (cairan dalam saluran pernafasan). Hal ini dapat membantu membersihkan hidung yang tersumbat dan adanya sinus. Dengan mengonsumsi cabai merah akan membantumembersihkan lendir yang terdapat di paru-paru hingga hidung.
  3. Cabai merah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh : kandungan vitamin C, vitamin A, dan vitamin B yang terdapat dalam cabai merah ternyata membantu meningkatkan daya kekebalan tubuh. Dengan kekebalan tubuh yang kita miliki dapat melindungi kita dari berbagai penyakit yang tentunya tidak baik untuk tubuh kita. Vitamin A sendiri ternyata dapat membantu kita untuk menangkal adanya infeksi seperti infeksi paru-paru, infeksi saluran hidung, infeksi saluran kandung kemih, dan infeksi saluran pencernaan.
  4. Cabai merah dapat menjaga agar jantung lebih sehat : jantung yang sehat merupakan salah satu hasil dari pola hidup yang sehat pula. Kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita dapat kita turunkan dengan mengonsumsi cabai merah sebagai salah satu bahan dapur untuk memasak makanan kita. cabe merah juga mampu mencegah adanya pembekuan darah yang berbahaya bagi kesehatan kita. hal ini berarti bahwa dengan mengonsumsi cabai merah system peredaran darah dan organ jantung kita dapat terjaga dan sehat tentunya.
  5. Cabai merah dapat membantu untuk menjaga berat badan : ketika seseorang mengonsumsi cabai merah pastilah hasil akhir dari yang dirasa adalah kondisi tubuh yang terasa panas. Hal ini dikarenakan cabai merah memiliki efek termogenik atau produksi panas dalam tubuh kita yang mempunyai kesamaan dengan kita berolahraga. Selain itu, ternyata cabai merah dapat membantu melancarkan pencernaan dan metabolism tubuh kita.
  6. Cabai merah dapat membantu kita dari perlindungan penyakit kanker : Penelitian mengenai khasiat cabe merah telah menyebutkan bahwa, cabai merah mampu mengobati radang. Akan tetapi kandungan zat kapsaisin pada cabai merah ternyata mampu mencegah adanya penyebaran sel-sel kanker prostat.
Demikian beberapa penjelasan mengenai khasiat  dan manfaat cabai merah. Dengan mengonsumsi cabai merah bukan hanya membantu menyedapkan masakan kita akan tetapi dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Akan tetapi, tetaplah menjaga porsi dari konsumsi cabai merah itu sendiri agar tidak menyebabkan efek negative yang malah dapat menyebabkan penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar